Fotosintesis Tumbuhan Hijau (2)

Tempat dan Perangkat Alat Fotosintesis

Fotosintesis dapat diibaratkan suatu proses yang terjadi dalam sebuah “pabrik”. Pada umumnya, “pabrik” tempat fotosintesis adalah daun. Sel-sel daun memiliki kelengkapan alat untuk menangkap energi matahari. Pada tumbuhan tertentu yang tidak berdaun seperti bangsa Kaktus, kelengkapan alat fotosintesisnya terdapat pada sel-sel lapisan luar dari batangnya. Di bagian manakah fotosintesis berlangsung ? Untuk memahami hal ini, coba perhatikan contoh susunan anatomi daun tumbuhan Dikotil, pada gambar berikut.
 Gb. Struktur Jaringan Daun

Daun tersusun atas beberapa lapis sel atau jaringan, meliputi :
  1. jaringan epidermis (atas dan bawah),
  2. jaringan tiang (palisade),
  3. jaringan bunga karang (spons),
  4. jaringan pengangkutan.
  5. Jaringan tiang dan bunga karang merupakan bagian yang disebut daging daun (mesofil).
Coba perhatikan sel-sel mesofilnya pada di atas. Di dalam sel-selnya terdapat banyak alat berbentuk bulat atau lonjong yang berwarna hijau, yang disebut kloroplas. Kloroplas paling banyak terdapat pada sel-sel jaringan tiangnya. Pada setiap selnya, dapat memiliki 50 atau lebih kloroplas. Pada lapisan epidermisnya tidak ditemukan kloroplas, kecuali pada sel penutup mulut daunnya.

Kloroplas
 
Kloroplas merupakan alat atau organela sel yang khas pada sel-sel daging daun. Bentuknya bermacam-macam, tergantuing jenis tumbuhannya. Selain bulat atau lonjong, ada juga yang berbentuk pita. Pada daun Hydrila, kloroplasnya bulat atau lonjong, berukuran cukup besar dan mudah diamati dibawah mikroskop.
 
Organela ini mudah dikenali dengan warnanya yang hijau karena banyak mengandung zat warna atau
pigmen hijau daun yang disebut klorofil. Ada dua macam klorofil pada tumbuhan darat yaitu klorofil a dan klorofil-b.

Coba perhatikan skema sederhana susunan kloroplas pada gambar di atas tersebut. Kloroplas tersusun dari duanbagian, meliputi :
a. Bangunan seperti tumpukan piring, disebut grana
b. Bahan yang mengisi di luar grana, disebut matrik stroma

Pada bagian grana, terdapat seluruh perangkat alat penangkap energi matahari. Perangkat alat itu adalah ibarat antena penerima. Alat penerima tersebut berupa kumpulan bermacam-macam zat pigmen. Pigmen adalah suatu zat yang berfungsi menangkap atau memantulkan jenis sinar atau warna cahaya tertentu. Pigmen daun paling banyak adalah klorofil. Sekelompok pigmen yang merupakan satu kesatuan alat penerima energi cahaya ini disebut fotosistem. 

Ada dua fotosistem yang dibutuhkan untuk mendukung satu proses fotosintesis, yaitu fotosistem I dan II. Komponen utama fotosistem adalah klorofil, khususnya klorofil-a. Selain fotosistem, juga ada komponen lain yang membantu mengalirkan energi matahari. Informasi lebih dalam akan kamu pelajari kelak pada jenjang pendidikan berikutnya.

Sumber : Pendalaman materi Biologi Guru-Guru IPA SD Kec.Kokap, Kulon Progo: 02-03-2005 Oleh Drs. Suyitno Al MS, selaku Staff Pengajar Jurdik. Biologi FMIPA - UNY

0 Response to "Fotosintesis Tumbuhan Hijau (2)"

Post a Comment